Pesona Bank Syariah Nasional Di Mata Investor Asing

Bank syariah menjadi salah satu produk perbankan yang cukup populer akhir – akhir ini, hal ini dapat ditengarai dengan munculnya divisi syaariah dari berbagai bank nasional di Indonesia. Perkembangan positif bank syariah di dunia perbankan nasional ini juga diakui oleh Direktur Perbankan Syariah Bank Indonesia, Ahmad Buchori menyatakan bahwa perkembangan positif perbankan syariah nasional telah menarik investor asing untuk menanamkan modal di bidang perbankan syariah di Indonesia. Perkembangan positif dan potensi yang masih dapat dikelola dan dimaksimalkan dari penbankan syariah Indonesia menyebabkan keinginan sejumlah investor luar untuk mengembangkan bank syariah di Indonesia. Jumlah penduduk Indonesia yang cukup besar dengan mayoritas beragama Islam menjadi salah satu alasan mengapa bank syariah menjadi begitu populer dan mengalami perkembangan pesat di tanah air.

Pengembangan Bank Syariah Oleh Investor Asing

Diliriknya Indonesia oleh investor asing yang ingin menanamkan modal di perbankan syariah selain karena jumlah penduduk muslim Indonesia yang sangat besar terjadi juga karena perbankan syariah di negeri tetangga kita Malaysia telah mengalami kejenuhan. Malaysia yang sebelumnya menjadi target para investor asing mengalami kejenuhan di bidang perbankan syariah sehingga membuat sebagian besar investor beralih membidik Indonesia yang masih mengalami perkembangan perbankan syariah dengan pertumbuhan yang positif. Ahmad Buchori menyatakan bahwa saat ini telah ada lima investor asing yang menyatakan ketertarikan mereka untuk menanamkan modal pada perbankan syariah di Indonesia. Beberapa investor telah menunjukkan keseriusan mereka untuk menanamkan modal dengan berkomunikasi dengan Bank Indonesia selaku bank sentral. Selain itu, telah ada investor asing yang telah pada tahap melakukan due diligence atau uji tuntas untuk menanamkan modal di bidang perbankan syariah di tanah air.

Selain karena besarnya jumlah penduduk muslim di Indonesia, kecilnya aset perbankan syariah yang telah ada saat ini juga menjadi daya tarik tersendiri bagi para investor asing untuk segera menanamkan modal di bidang ini. Beberapa negara asing yang tertarik telah secara terang –terangan menunjukkan keinginan mereka untuk menanamkan modal seperti yang ditunjukkan oleh Duta Besar Kuwait. Ahmad Buchori memberikan informasi bahwa Dubes Kuwait telah menghubungi pihak BI untuk menanyakan kemungkinan adanya bank di Indonesia yang akan dijual.

Metode Investasi Perbankan Syariah Oleh Investor Asing

Keterlibatan investor asing di industri perbankan syariah nasional tentu akan menimbulkan dinamika tersendiri. Investor asing dapat menjalankan program investasi mereka dengan beberapa metode selain mendirikan bank syariah baru yang membutuhkan biaya besar. Salah satunya adalah dengan mengakuisisi sahan bank syariah, cara ini dapat menjadi pilihan bagi investor yang ingin bermain di pasar modal ketika melihat kesempatan untuk mengakuisisi saham bank syariah. Metode yang lain adalah dengan mengakuisisi bank umum yang telah berdiri dan melakukan konversi menjadi bank syariah.

artikel by: http://www.teropongbisnis.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>